Masalah Mengajar Siswa SD

NO

MASALAH YANG DIHADAPI

CARA MENGATASI

PENDAPAT

1

Latar belakang orang tua,siswa datang ke sekolah ya di sekolah saja mereka belajarnya,sementara di rumah tidak belajar karena perhatian orang tua terhadap anak itu kurang dalam masalah belajar.Akibatnya nilai anak tersebut sangat rendah. Remidi ulang kepada anak yang nilainya rendah atau di bawah rata-rata Setuju,karena remidi itu adalah cara untuk memperbaiki nilai siswa yang rendah tetapi ada baiknya jika seorang guru mengadakan pendekatan kepada orang tua agar ikut serta membimbing anaknya di rumah.

2

Minat belajar anak kurang. Anak yang malas-malas di pindah duduknya jadi di deretan paling depan,setiap harinya di roling. Setuju,karena cara itu dapat menumbuhkan suasana yang berbeda pada anak,sehingga anak yang malas akan memperhatikan gurunya.

3

Kemampuan anak tidak merata. Latihan soal dengan setiap satu siswa dengan siswa yag lain itu berbeda soa.(ada yang sulit,ada yang gampang). Tidak setuju,karena hal itu akan terjadi perbedaan yang akan menumbuhkan perasaan yang tidak enak pada hati para siswa,sebaiknya soal itu di samakan saja karena yang bodoh akan belajar berusaha untuk mengerjakan soal yang di anggapnya sulit.hal ini akan menciptakan kemapuan anak yang merata.

4

Anak kurang focus terhadap pelajaran ,kadang berkhayal,kadang bengong. Memarahi anak tersebut. Kurang setuju,marahilah anak dengan cara menasehati terlebih dahulu,jika terulang barulah seorang guru memarahi anak tersebut agar anak tersebut memperhatikan pelajaran tersebut.

5

Anak bercanda di dalam kelas Menghukum dengan cara menyuruh mengerjakan soal di depan( papan tulis). Setuju,karena anak secara tidak langsung akan mendapatkan rasa percaya diri dengan memberanikan diri ke depan di hadapan semua temannya,sehingga siswa tertantang untuk mengerjakan dan bisa menyelesaikan soal tersebut.

6

Siswa suka berkelahi. Di pisah tempat duduknya(di jauhkan) Untuk awal memang antara siswa yang bertengkar harus di pisah tempat duduknya,ketika sudah sedikit mereda,dekatkanlah kembali,untuk mereka saling bermaafan,guru harus bisa sebagai penengah antara kedua siswa tersebut.dengan pertama bertanya ,selanjutnya mengetahui,barulah menyelesaikan dengan sebaik-baiknya.

7

 

 

Siswa bercerita didalam kelas dengan teman sebangku  ketika guru sedang menjelaskan pelajaran.

 

 

Di pisah tempat duduknya.

 

 

Setuju,karenan siswa akan menyadari bahwa sikapnya tersebut sudah mengganggu ketertiban di dalam kelas.

8

Anak yang diam,di Tanya diam,di marah diam,akibat dari lingkungannya yang terlalu keras(orang tuanya keras/galak ).guru mengetahui hal ini karena bertanya kepada tentangga anak tersebut. Guru mendekati kearah bangkunya. Setuju,karena dengan medekati ke bangku siswa tersebut maka barulah siwa tersebut akan merespon apa yang terjadi di dalam suasana kelas, lebih lanjutnya yang sebaiknya dilakukan adalah mencari dan menanyakan orang tua anak tersebut mengapa anak tersebutmenjadi seperti itu.

9

Anak suka mengantuk karena anak zaman sekarang suka begadang nonton tv. Menyuruh siswa untuk Berwudhu(salah satu gerakannya adalah membasuh muka) Setuju,karena anak itu akan merasakan kesegaran setelah wajahnya di basuh dengar air.sehingga rasa ngantuk itu akan menjadi hilang.

10

Anak susah menghafal hitung-hitungan seperti penjumlahan,pengurangan,perkalian dan pembagian. Menghafal hitung-hitungan tersebut di rumah,dan ketika sudah di sekolah masuk ke dalam kelas, di Tanya satu persatu oleh gurunya di pemulaian pembelajaran. Setuju,karena hal tersebut akan menambah semangat anak untuk belajar dan menghafal dengan cepat.semua hitung-hitungan tersebut aka nada di luar kepala.

11

Anak merasakan kejenuhan karena setiap hari di suru untuk menghafal. Mengajak semua anak untuk bernyanyi bersama-sama. Setuju,karena hal itu akan menumbuhkan keceriaan kepada anak di saat awal pembelajaran,sehingga anak akan tersenyum dan focus terhadap pelajaran yang akan diikutinya.

MIN SUBAGAN KARANGASEM

GURU : IDA FITRIYAH S.Pd,I

sEmoga bermanfaat🙂

Posted on May 13, 2013, in Pengetahuan. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: