Memahami Konsep Himpunan Bagian (RPP)

TUGAS

MIKRO THEACING

 

OLEH :

ENY PURWATI
NPM. 10.8.03.51.30.1.5.1574
PSP. MATEMATIKA

 

 

 

 

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS MAHASARASWATI DENPASAR

TAHUN 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

                                        Nama Sekolah      :  ………………….

Mata Pelajaran      : Matematika

Kelas / Semester    : VII/ 2 (Genap)

Pokok bahasan      :  Aljabar

Standar Kompetensi: Menggunakan konsep himpunan dan diagram venn dalam pemecahan   masalah.

Kompetensi Dasar    : Memahami konsep himpunan bagian.

Alokasi Waktu         :  3 x 40 menit (1 pertemuan)

 

  1. A.    Tujuan Pembelajaran
    1. Peserta didik dapat menentukan himpunan bagian dari suatu himpunan.
    2. Peserta didik dapat menentukan banyak himpunan bagian suatu himpunan.
    3. Peserta didik dapat menentukan rumus banyak himpunan bagian dari suatu himpunan.

     Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )

  1. B.     Materi Pokok

Himpunan:
–          Menentukan himpunan bagian.

 

  1. C.    Media dan Sumber Pembelajaran
  • Buku Matematika Kreatif untuk Kelas VII Semester Genap, penerbit CV Teguh Karya.
  • Buku paket, yaitu buku Matematika Kelas VII Semester Genap.
    • Buku referensi lain.

 

  1. D.    Langkah-langkah Kegiatan
    1. I.      Pendahuluan

– Apersepsi : .Memnyampaikan tujuan pembelajaran.

– Memotivasi siswa dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari    materi ini.

– Membahas PR.

  1. II.   Kegiatan Inti
  • § Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Memberikan siswa stimulus berupa pemberian materi mengenai cara menentukan himpunan bagian dari suatu himpunan dan banyak himpunan bagian suatu himpunan, kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut.

F Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan cara menentukan himpunan bagian dari suatu himpunan dan banyak himpunan bagian suatu himpunan.

F Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai penentuan banyak himpunan bagian dari suatu himpunan.

 

  • § Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan” dalam buku paket mengenai penentuan himpunan bagian dari suatu himpunan dan banyak himpunan bagian suatu himpunan, kemudian peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas beberapa jawaban dari soal tersebut.

F Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari “Bekerja Aktif” dalam buku paket mengenai penentuan banyak himpunan bagian dari suatu himpunan sembarang, kemudian peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal tersebut

F Peserta didik mengerjakan beberapa soal dalam buku paket.

 

  • § Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.

 

III. Kegiatan Akhir

Dalam kegiatan penutup, guru:

F Peserta didik membuat rangkuman subbab yang telah dipelajari.

F Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) dari soal-soal “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan” dalam buku paket pada yang belum terselesaikan/dibahas di kelas.

 

 

E.Penilaian

 

Indikator Pencapaian   Kompetensi

Penilaian

Teknik

Bentuk Instrumen

Instrumen/ Soal

  • Menentukan himpunan bagian dari suatu himpunan.
  • Menentukan banyak himpunan bagian suatu himpunan.
  • Menentukan rumus banyak himpunan bagian dari suatu himpunan.

  • Menjelaskan pengertian himpunan semesta,serta menyebutkan anggotanya.

Tes tertulis

Tes tertulis

Tes Tertulis

Tes tertulis

Uraian

Uraian

Uraian

Uraian

A = {3, 5, 7, 11}
B = {1, 3, 5, 7, 9, 11, 13, 15}
Apakah A merupakan himpunan bagian B?

Diketahui G = {2, 6, 10}
Tentukan anggota himpunan bagian dari G dan banyaknya himpunan bagian!.
Diketahui A = {a, b, c, d, e}
Berapa banyak himpunan bagian dari  A?
Anggota dari himpunan semesta bilangan real adalah…

F.Hasil Penilaian

 

NO

Jawaban

Skor

1 Dari kedua himpunan tersebut, ternyata setiap anggota A, yaitu 3, 5, 7, dan 11 menjadi anggota B. Maka dikatakan bahwa A adalah himpunan bagian dari B.

25

2 Himpunan bagian dari G adalah:
{2, 6, 10}, {6, 10}, {2, 10}, {2, 6}, {10}, {6}, {2}, { }
banyaknya himpunan bagian dari himpunan G dengan anggota 3 elemen adalan 8.

25

3 Banyaknya himpunan anggota A = n (A) = 5
Banyaknya himpunan bagian dari himpunan B = 25 = 32

25

4 Anggotanya adalah :
R = {1,  , -2, – , …..}

25

Jumlah skor

100

 

 

 

Mengetahui,

Kepala SMP/MTs …………….

 

 

 

( …………………………………………………)

NIP. :…………..……………….

 

………, ……, …………… 20…

Guru Mapel Matematika.

 

 

 

( Eny Purwati )

NPM. :10.8.03.51.30.1.5.1574

Lembar Kerja Siswa

  1. A.     Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang paling tepat!
    1. Manakah yang bukan merupakan himpunan bagian dari {2, 4, 6, 8, 10, 12, 14, 16}?
      a. {0, 2, 4, 6}
      b. {8, 10, 12, 14, 16}
      c. {10}
      d. {6, 8}
    2. Dibawah ini yang merupakan himpunan bagian dari A = {1, 4, 9, 16, 25} adalah…
      a. {1, 2, 3, 4, 5}
      b. {2, 4, 16}
      c. {1, 3, 25}
      d. {1, 9, 25}
    3. Dibawah ini yang merupakan himpunan bagian dari P = {2, 3, 5, 7, 11, 13} yang mempunyai 4 anggota adalah…
      a. {1, 3, 5, 7}
      b. {2, 3, 5, 7}
      c. {3, 5, 7, 9}
      d. {5, 7, 9, 11}
    4. Himpunan bagian dari E = {b, c, d} adalah…
      a. { }, {b}, {c}, {d}, {b, c}, {b, d}, {c, d}, {b, c, d}
      b. { }, {b}, {d}, {c}, {d, b}
      c. { }, b}, {d}, {c}, {d, b}, {c, d}, {b, c, d}
      d. {d, b}, {c, d}
    5. G = {1, 3, 5, 7, 9, 11}, merupakan himpunan bagian dari notasi pembentuk himpunan berikut…
      a. {x | x bilangan ganjil kurang dari 12}
      b. {x | x bilangan factor dari 12}
      c. {x | x bilangan prima kurang dari 19}
      d. {x | x bilangan kelipatan 2 kurang dari 12}
    6. Jika A = {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7} dan B = {1,3,5,7,…17}, maka pernyataan dibawah ini benar, kecuali…
      a. {2, 4} ⊂ A
      b. {1, 3} ⊂ A
      c. {2, 4} ⊂ A
      d. {9} ⊂ A
    7. Jika T = {bilangan ganjil antara 5 dan 17}, maka banyaknya elemen T adalah…
      a. 5
      b. 9
      c. 10
      d. 12
  1. F = {bilangan cacah kurang dari 11}, nyatakan dalam bentuk notasi pembentuk himpunannya…
    a. F = {x | x = 11, x ∈ C}
    b. F = {x | x > 11, x ∈ C}
    c. F = {x | x < 11, x ∈ C}
    d. F = {x | x ≤ 11, x ∈ C}
  2. Tunjukkan dengan kata-kata himpunan G = {3, 6, 9, 12, 15,…} adalah…
    a. {bilangan asli kelipatan 4}
    b. {bilangan asli kelipatan 6}
    c. {bilangan asli antara 0 dan 16}
    d. {bilangan asli kelipatan 3 kurang dari 18}
  3. Dengan mendaftar anggota-anggotanya himpunan K = {bilangan asli antara 1 dan 30 yang habis dibagi 4 adalah…
    a. {1, 2, 3, …, …, 30}
    b. {2, 4, 6, …, 30}
    c. {4, 8, 12, 16, 20, 24, 28}
    d. {1, 2, 3, 5, 6, 10, 15, 30}
  4. B.     Kerjakan soal-soal berikut ini!
    1. Diketahui:
      A = {0, 2, 4, 6, 8}
      B = {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10}
      Apakah himpunan A merupakan himpunan bagian B? Jelaskan!.
    2. Diketahui P adalah himpunan bilangan genap yang kurang dari 25.
      a. Sebutkan anggota-anggota dari P dalam tanda kurung kurawal!
      b. Nyatakan P dengan notasi pembentuk himpunan!
      c. Tentukan n(P)!
    3. Tentukan 2 himpuan semesta untuk setiap himpunan berikut:
      a. A = {Jakarta, Serang, Bandung, Semarang,Yogyakarta, Surabaya}
      b. B = {2,4,6,8}
    4. Diketahui P = {a,b,c,d,e}. Tentukan himpunan bagian dari P yang memiliki:
      a. 2 anggota
      b. 3 anggota
      c. 4 anggota
    5. Diketahui: P = {k,l,m,n,o}, Q = {k,l,n}, R = {m,n,q}, S = {m,o}
      Dari pernyataan-pernyataan berikut, tentukanlah salah benarnya!
      a. Q ⊂ P          c. S ⊂ R
      b. R ⊂ P          d. S ⊂ Q

Kunci Jawaban

  1. A. 
    1.  Yang bukan merupakan himpunan bagian dari {2, 4, 6, 8, 10, 12, 14, 16} adalah {0,             2, 4, 6} ……. (a)
    2. himpunan bagian dari A = {1, 4, 9, 16, 25} adalah {1, 9, 25}…….(d)
    3. yang merupakan himpunan bagian dari P = {2, 3, 5, 7, 11, 13} yang mempunyai 4 anggota adalah {2, 3, 5, 7}…….(b)
    4. Himpunan bagian dari E = {b, c, d} adalah { }, {b}, {c}, {d}, {b, c}, {b, d}, {c, d}, {b, c, d}…….(a)
    5. notasi pembentuk himpunan dari G = {1, 3, 5, 7, 9, 11} adalah {x | x bilangan ganjil kurang dari 12}…….(a)
    6. Diketahui A = {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7} dan B = {1,3,5,7,…17}, maka pernyataan yang salah adalah {2, 4} ⊂ A…….(c)
    7. Diketahui T = {bilangan ganjil antara 5 dan 17}, maka banyaknya elemen T adalah 5…….(a)
    8. Notasi pembentuk himpunan dari F = {bilangan cacah kurang dari 11} adalah F = {x | x < 11, x ∈ C}…….(c)
    9. kata-kata himpunan dari G = {3, 6, 9, 12, 15,…} adalah {bilangan asli kelipatan 3 kurang dari 18}

10. himpunan K = {bilangan asli antara 1 dan 30 yang habis dibagi 4 adalah
{4, 8, 12, 16, 20, 24, 28}…….(c)

B.
 1. Diketahui:
A = {0, 2, 4, 6, 8}
B = {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10}
Dari kedua himpunan tersebut,ternyata ada anggota A, yaitu 0 bukan menjadi anggota
B. Maka dikatakan bahwa A adalah bukan merupakan himpunan bagian dari B ditulis
A ⊄ B.

2. a.Anggota dari P = {2,4,6,8,10,12,14,16,18,20,22,24}
b. Notasi pembentuk himpunannya adalah P = {x|x<25, x∈ bilangan genap}
c. n (P) =12.

3. a. A = {Jakarta, Serang, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya}
Himpunan Semesta dari A dapat berupa:
(i){Nama kota di Pulau Jawa}
(ii){ Nama ibukota propinsi di Pulau Jawa}
b. B = {2,4,6,8}
Himpunan semesta dari B dapat berupa:
(i){Bilangan asli}
(ii){ Bilangan genap yang kurang dari 10}

4. a. Himpuanan bagian yang terdiri atas 2 anggota:
{a,b},{a,c},{a,d},{a,e},{b,c},{b,d},{b,e},{c,d},{c,e},{d,e}.
Himpunan bagian yang memiliki 2 anggota ada 10 buah.

b. Himpunan bagian yang terdiri dari 3 anggota:
{a,b,c},{a,b,d},{a,b,e},{a,c,d},{a,c,e},{a,d,e},{b,c,d},{b,c,e},{b,d,e},{c,d,e}.
Himpunan bagian yang memiliki 3 anggota ada 10 buah.

c. Himpunan bagian yang terdiri dari 4 anggota:
{a,b,c,d},{a,b,c,e},{a,b,d,e},{a,c,d,e},{b,c,d,e}
Himpunan bagian yang memiliki 4 anggota ada 5 buah.

5.  a. Q ⊂ P benar karena setiap anggota Q menjadi anggota P.
b. R ⊂ P salah, karena ada anggota R yaiti q yang tidak menjadi anggota P.
c. S ⊂ R salah,karena ada anggota S, yaitu o yang tidak menjadi anggota R.
d. S ⊂ Q benar, karena setiap anggota S menjadi anggota P.

Posted on May 13, 2013, in Matematika. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: