Rangkuman Makalah Pembekalan KKN

Nama                          : Eny Purwati
Sekolah                       : SMA Pariwisata Kertha Wisata Amlapura
Dosen Pembimbing   : Dra. I Gusti Ayu Tuti Indrawati, M.Hum

Rangkuman Makalah Pembekalan Kuliah Kerja Nyata

KKN-A merupakan kegiatan akademik dalam bentuk aplikasi teori yang diperoleh dibangku kuliah yang diterapkan di dalam masyarakat pada khususnya dan di beberapa satuan pendidikan. Jadi KKN-A program kerjanya untuk menunjang profesi sebagai calon guru untuk 5 mapel dalam rangka meraih gelar S.Pd. Berdasarkan kebenaran statemen dan koresponden disusun program KKN-A untuk setiap sekolah lokasi KKN-A. Obyek kebenaran KKN-A adalah ontology, estimotologi, dan Axiologi. Sebagai calon guru, harus mengikuti Permendiknas No. 16/2007 tentang standar kualifikasi akademik dan kompetensi guru. Standar kualifikasi akademik minimal adalah S.Pd atau DIV, baik kependidikan maupun umum dengan akta mengajar IV. Sebagai guru harus mewujudkan Visi dan Misi pendidikan nasional yakni cerdas komprehensif dan cerdas kompetitif. Cerdas komprehensif yaitu intelektual, emosional, spiritual, dan kinestetik. Sedangkan cerdas kompetitif yaitu pembelajaran sepanjang hayat, berwawasan global, dan berbudaya saing/professional.
Etika KKN-A artinya kebudayaan, kesopanan, kesusilaan, karakter, kepribadian, suritauladan, dll. Peserta KKN-A harus mengikuti budaya dan karakter di sekolah tempat KKN-A. Etika di sekolah tempat KKN-A adalah mengaplikasikan kompetensi inti guru maple yaitu kompetensi personal, pedagogic,  profesional, dan  sosial. Ada beberapa penyakit rentan guru yang sangat berbahaya dan menular yaitu tipus ( tidak punya selera, mual ( mutu amat lemah ), kudis ( kurang disiplin ), asma (asal masuk kelas ), kusta ( kurang strategi ), TBC ( tidak bisa computer ), kram ( kurang trampil ), asamurat (asal sampaikan materi, urutan kurang akurat ), lesu ( lemah sumber ), diare ( di kelas anak-anak diremehkan ), ginjal ( gajinya nihil, jarang aktif dan lambat ).
Tahapan KKN-A meliputi tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap evaluasi, bahan pertimbangan penyusunan proker KKN-A meliputi bidang kegiatan yang terindikasi, waktu yang tersedia, dan kemampuan mahasiswa KKN. Bidang kegiatan mahasiswa KKN-A meliputi administrasi sekolah, pendidikan, sarana dan prasarana, kebersihan lingkungan, ekstra kurikuler. Bidang kegiatan dapat dikembangkan menurut jenis dan spesifikasi sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan skala prioritas.
Jenis dan spesifikasi program kerja meliputi bidang administrasi sekolah
( penyempurnaan statistik sekolah, biodata siswa, dsb ) contohnya melengkapi data tentang kepangkatan guru, bidang pendidikan ( kegiatan pembelajaran regular di kelas dan workshop penyusunan RPP berkarakter ) contohnya menerapkan metode pembelajaran kooperatif learning dalam pembelajaran mata pelajaran IPS, bidang sarana dan prasarana ( pengadaan atau penataan ruang perpustakaan, laboratorium, kantin, alat mobile, lapangan olahraga, dsb ) contohnya mengklasifikasi buku menurut bidang ilmu, judul, dsb, bidang kebersihan lingkungan ( penataan lingkungan sekolah dan pembinaan hidup sehat dan bersih ) contohnya menanam bunga hias di taman sekolah, bidang ekstra kurikuler ( pembinaan kegiatan pramuka, kesenian, olahraga, dan kelompok belajar ) contohnya melaksanakan ekstrakegiatan pesantian, tari rejang dewa.
Program kerja KKN-A ada bersifat rintisan ( kegiatannya murni sebagai gagasan mahasiswa KKN ), komplementer ( kegiatannya melengkapi/menuntaskan kegiatan yang sudah ada/pernah ada di sekolah lain tap di tempat mahasiswa KKN tidak/belum ada, titipan
( kegiatannya merupakan pesanan pihak-pihak diluar gagasan mahasiswa KKN. Variabel yang dipergunakan sebagai dasar pertimbangan untuk menentukan skala prioritas yaitu dana, manfaat, relevansi, kemampuan, waktu, lingkup, dan sifat. Variabel yang dipertimbangkan dalam kalender rencana kerja yaitu jenis spesifikasi proker, waktu efektif, hasil koordinasi dengan pihak terkait, program panitia KKN/lembaga. Komponen yang dipergunakan pertimabngan dalam proker KKN yaitu bidang kegiatan, jenis kegiatan, spesifikasi program, bulan, hari, dan tanggal kegiatan, tujuan kegiatan atau program, pengelolaan sumber daya, penetapan target, identifikasi kendala, dan estimasi solusi.
Laporan adalah gambaran umum tentang pelaksanaan suatu kegiatan tahap demi tahap yang disusun secara deskriptif. Laporan dibuat dengan tujuan sebagai bahan evaluasi terhadap pelaksanaan kegiatan sebagai bentuk pertanggungjawaban dari pelaksana kepada pemberi kegiatan/dokumentasi dari suatu kegiatan. Laporan dibuat untuk seluruh rangkaian kegiatan dari persiapan awal sampai akhir pelaksanaan kegiatan. Laporan dibuat oleh seluruh pelaksana kegiatan dapat berkelompok atau individu. Ujian akhir laporan kelompok dilaksanakan disalah satu pusat lokasi kecamatan dan sedapat mungkin dilaksanakan secara terpadu. Kriteria penilaian sesuai format terlampir,penyelenggara adalah pengelola, oanitia KKN, dan dosen pembimbing. Sedangkan ujian akhir laporan individu dilaksanakan bersamaan dengan ujian akhir laporan kelompok.Teknis pelaksannan dikoordinasi oleh seksi evaluasi dan panitia pelaksanaan, bekerja sama dengan dosen pembimbing.

 

 

SEMOGA BERMANFAAT🙂

Posted on May 13, 2013, in Pengetahuan. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: