Pengelolaan Kelas dan Masalahnya (Refleksi)

Gambar

Menurut Suharsimi Arikunto pengelolaan kelas adalah usaha yang dilakukan penanggung jawab kegiatan pembelajaran dengan maksud agar dicapai kondisi optimal sehingga dapat terlaksana kegiatan belajar seperti yang diharapkan.Menurut Sudirman pengelolaan kelas berarti upaya pendayagunaan potensi kelas.Menurut Made Pidarta pengelolaan kelas adalah proses seleksi dan penggunaan alat-alat yang tepat terhadap problema dan situasi kelas.Menurut Hadari pengelolaan kelas adalah kemampuan guru dalam pendayagunaan pontensi kelals berupa pemberian kesempatan seluas-luasnya pada setiap personal untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang kreatif dan terarah sehingga waktu dan dana yang tersedia dapat dimanfaatkan secara efisien untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan kurikulum dan perkembangan murid. Ada dua permasalahan pengelolaan kelas yaitu masalah individual dan masalah kelompok.Kategori individu dalam pengelolaan kelas menurut Rudolf Drelkurs dan Pearl Cassel yang mempunyai maksud dan tujuan. Setiap individu mempunyai tujuan menjadi dan merasa berguna. Jika individu ini merasa putus asa dalam mengembangkan rasa memiliki harga diri melalui nilai yang dapat diterima secara sosial, ia akan berkelakuan buruk. Masalah kelompok adalah merupakanmasalah yang sumber penyebabnya adalah kelompok.Lois U Johnson dan Marry A. Bany mengemukakan enam kategori masalah kelompok dalam pengelolaan kelas.

Dari beberapa teori diatas dapat disimpulkan bahwa, sumber daya manusia yang berkualitas merupakan hal yang penting bagi suatu negara untuk menjadi negara maju, kuat, makmur dan sejahtera. Upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia tidak bisa terpisah dengan masalah pendidikan bangsa. Guru memiliki andil yang sangat besar terhadap keberhasilan pembelajaran di sekolah. Guru sangat berperan dalam membantu perkembangan peserta didik untuk mewujudkan tujuan hidupnya secara optimal. Di dalam kelas guru malaksanakan dua kegiatan pokok yaitu kegiatan mengajar dan kegiatan mengelola kelas. Kegiatan mengajar pada hakikatnya adalah proses mengatur, mengorganisasi lingkungan yang ada di sekitar siswa. Semua komponen pengajaran yang meliputi tujuan, bahan pelajaran, kegiatan belajar-mengajar, metode, alat dan sumber, serta evaluasi diperankan secara optimal guna mencapai tujuan pengajaran yang telah ditetapkan sebelum pengajaran dilaksanakan.Pengelolaan kelas tidak hanya berupa pengaturan kelas, fasilitas fisik dan rutinitas. Kegiatan pengelolaan kelas dimaksudkan untuk menciptakan dan mempertahankan suasana dan kondisi kelas. Sehingga proses belajar mengajar dapat berlangsung secara efektif dan efisien. Misalnya memberi penguatan, mengembangkan hubungan guru dengan siswa dan membuat aturan kelompok yang produktif.Di kelaslah segala aspek pendidikan pengajaran bertemu dan berproses. Guru dengan segala kemampuannya, siswa dengan segala latar belakang dan sifat-sifat individualnya. Kurikulum dengan segala komponennya, dan materi serta sumber pelajaran dengan segala pokok bahasanya bertemu dan berpadu dan berinteraksi di kelas.Bahkan hasil dari pendidikan dan pengajaran sangat ditentukan oleh apa yang terjadi di kelas.Oleh sebab itu sudah selayaknyalah kelas dikelola dengan  professional dan harus terus-menerus. Tindakan pengelolaan kelas seorang guru akan efektif apabila ia dapa tmengidentifikasi dengan tepat hakikat masalah yang sedang dihadapi, sehinggapada gilirannya ia dapat telah mengemukakan buah pikiran mereka mengenai masalah pengelolaan kelas ini.Persiapan yang cermat sebelum mengajar sangat baik untuk dilakukan, menjaga dan terus mengembangkan rutinitas yang terjadi didalam kelas,guru harus selalu bersikap tenang dan terus percaya diri, bertindak dan bersikap professional.Selanjutnya seorang siswapun juga harus mempersiapkan diri untuk mengikuti seluruh kegiatan yang ada di dalam kelas agar tidak sampai ada kejadian gara-gara satu orang siswa pelajaran tidak dapat dimulai atau dilanjutkan.Jika siswa sudah memperoleh kasih sayang,memperoleh harga diri;untuk memperoleh pengharapan yang sama;ingin dikenal;memperoleh prestasi dan posisi untuk dibutuhkan orang lain merasa bagian dari kelompok,rasa aman dan perlindungan diri;untuk memperoleh kemerdekaan diri maka guru sudah berhasil menciptakan suasana kelas yang sebenar-benarnya.Kita sebagai guru jika suatu saat ada seorang guru yang menggantikan kita didalam kelas maka akan terjadi masalah yang biasanya tidak terjadi dihari kemarin.Mengajar dengan baik akan lebih mudah untuk kita mencapai tujuan-tujuan belajar yang kita inginkan.Dalam kenyataan sehari-hari kedua jenis kegiatan itu menyatu dalam kegiatan atau tingkah laku guru sehingga sukar dibedakan. Namun demikian, pembedaan seperti itu amat perlu, terutama apabila kita ingin menanggulangi secara tepat permasalahan yang berkaitan dengan kelas. Dalam menangani tugasnya, guru-guru sering menghadapi permasalahan dengan kegiatan-kegiatan didalam kelasnya. Permasalahan ini meliputi dua jenis juga, yaitu yang menyangkut pengajaran dan yang menyangkut pengelolaan kelas. Guru-guru harus mampu membedakan kedua permasalahan itu dan menemukan pemecahannya secara tepat. Amat sering terjadi guru-guru menangani masalah yang bersifat pengajaran dengan pemecahan yang bersifat pengelolaan dan sebaliknya. Misalnya, seorang guru berusaha membuat penyajian pelajaran lebih menarik agar siswa yang sering tidak masuk menjadi lebih tertarik untuk menghadiri pelajaran itu, padahal siswa tersebut tidak senang berada di kelas itu karena dia merasa tidak diterima oleh kawan-kawannya. Pemecahan seperti ini tentu saja tidak tepat. “Membuat pelajaran lebih menarik” adalah permasalahan pengajaran, sedangkan “diterima atau tidak diterima oleh kawan” adalah permasalahan pengelolaan. Masalah pengajaran harus ditangani dengan pemecahan yang bersifat pengajaran dan masalah pengelolaan harus ditangani dengan pemecahan yang bersifat pengelolaan.

Posted on May 14, 2013, in Pengetahuan. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: