BONEKA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN

Gambar

“BONEKA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN”

                Secara khusus pengertian mengenai boneka ialah tiruan bentuk manusia dan bentuk binatang. Jadi sebenarnya boneka merupakan salah satu model perbandingan. Dalam penggunaan boneka dimanfaatkan sebagai media pembelajaran dengan cara dimainkan dalam sandiwara boneka. Sejak tahun 1940-an pemakaian boneka ebagai media pendidikan menjadi populer dan banyak digunakan di Sekolah Dasar dan Sekolah Lanjutan di Amerika. Di Eropa seni pembuatan boneka telah sangat tua dan sangat populer serta lebih tinggi tingkat keahliannya dibandingkan di Amerika. Untuk keperluan sekolah dapat dibuat boneka yang disesuaikan dengan cerita-cerita jaman sekarang. Untuk tiap daerah pembuatan boneka ini disesuaikan dengan keadaan daerah masing-masing.

Fungsi boneka adalah selain sebagai media pembelajaran,boneka juga sebagai perantara alat komunikasi,menangkap daya pikir anak,mengembangkan daya visualnya serta anak dapat berimajinasi dengan senangnya dia belajar.

Macam-macam Boneka:

A.Boneka jari
Boneka ini dibuat dengan alat, sesuai dengan namanya boneka ini dimainkan dengan menggunakan jari tangan. Kepala boneka diletakkan pada ujung jari kita/ dalam.

B.Boneka Tangan
Disebut boneka tangan, karena boneka ini hanya terdiri dari kepala dan dua tangan saja, sedangkan bagian badan dan kakinya hanya merupakan baju yang akan menutup lengan orang yang memainkannya.

C.Boneka Tongkat
Untuk keperluan penggunaan boneka tongkat sebagai media pendidikan/ pembelajaran di sekolah, maka tokoh-tokohnya dibuat sesuai dengan keadaan sekarang.

D.Boneka Tali
Boneka tali atau “Marionet” banyak dipakai dinegara barat. Boneka tali bagian kepala, tangan, dan kaki dapat digerak-gerakkan menurut kehendak kita/dalangnya

E.Boneka Bayang-bayang
Boneka bayang-bayang (Sadhow Puppet) adalah jenis boneka yang cara memainkannya dengan mempertontonkan gerak bayang-bayang dari boneka tersebut. Namun untuk keperluan sekolah, wayang semacam ini dirasakan kurang efektif, karena untuk memainkan boneka ini diperlukan ruangan gelap/tertutup. lagi pula diperlukan lampu untuk membuat bayang-bayang layar.

Keuntungan Penggunaan Boneka:
1) Tidak memerlukan,banyak tempat, waktu yang banyak, biaya dan persiapan yang terlalu rumit.
2) Tidak menuntut keterampilan yang rumit bagi yang akan memainkannya.
3) Dapat mengembangkan imajinasi anak, mempertinggi keaktifan dan menambah suasana gembira.

Petunjuk Penggunaan Boneka sebagai Media Pembelajaran:
               Rumusan tujuan pembelajaran dengan jelas, buatlah naskah sandiwara yang akan dimainkan secara terperinci,permainan boneka mementingkan gerak dari pada kata,permainan boneka jangan terlalu lama, kira-kira 10 sampai 15 menit, hendaknya sandiwara diselingi dengan nyanyian, kalau perlu penonton diajak bernyanyi bersama-sama, isi cerita hendaknya sesuai dengan umur dan kemampuan serta daya imajinasi anak-anak yang menonton, selesai permainan sandiwara boneka , hendaknya diadakan kegiatan lanjutan seperti tanya-jawab, diskusi atau menceritakan kembali tentang isi cerita yang disajikan, jika memungkinkan,akan lebih baik lagi jika kita memberi kesempatan kepada anak-anak untuk memainkannya.

Posted on July 8, 2013, in Matematika, Pengetahuan. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: